Tim Kami

Tim yang Dapat Diandalkan

Semua orang di sini adalah pakar di bidangnya. Mereka dapat diandalkan, berpengetahuan luas dan, yang penting, dapat dipercaya. ketika hadir untuk membantu anda, kami ingin membangun hubungan yang sangat bermanfaat dengan klien kami dan menjaga hal-hal yang bersifat rahasia.

TENAGA AHLI

Enny Pancawardani, FSAI


Beliau lahir di Jakarta 50 tahun yang lalu. Menyelesaikan studi di Program Aktuaria Universitas Indonesia serta Master Bisnis Administration pada Universitas Trainandra. Aktif di Organisasi Profesi baik Persatuan Aktuaris Indonesia maupun Asosiasi Konsultan Aktuaria Indonesia. Lulus tahun 1992, beliau memiliki pengalaman dalam penanganan entitas jasa keuangan, khususnya Dana Pensiun, lebih dari 25 tahun.

Sebagai profesi Aktuaris, aktif ikut ambil bagian dalam aktifitas asosiasi adalah menjadi kebiasaan beliau. Sejak tahun 2005, beliau telah aktif di Persatuan Aktuaris Indonesia. Membantu asosiasi sebagai Bendahara Asosiasi, Ketua Pelaksanaan Rapat Anggota, anggota komisi kode etik, Majelis Aktuaris dan ketua task force penyusunan standar praktik aktuaria untuk Dana Pensiun. Di Asosiasi Konsultan Aktuaria Indonesia (AKAI) beliau menjabat sebagai ketua AKAI selama 2 periode, anggota penyusunan Standar Pengendalian Mutu dan Stándar  Operating Procedure AKAI. Pada masa kepemimpinan beliau, AKAI cukup aktif dalam membantu memberikan masukan dalam rangka penyusunan peraturan perundangan, berperan aktif dalam usaha pengakuan organisasi oleh lembaga berwenang sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.

Penanganan pengguna jasa dengan penuh tanggung jawab dan bersahabat dengan tetap mengedepankan prinsip profesionalitas dan integritas yang tinggi, menjadi prinsip dasar beliau. Terbukti dengan banyaknya pengguna jasa yang memiliki kepuasan atas hasil kerja dan cara kerja tim beliau. Permasalahan yang membutuhkan kepiawaian dalam berkomunikasi sebagai penjelasan atas hasil kerja aktuaria yang dilakukannya bersama tim menjadi keunggulan yang dapat dipertimbangkan.

 

Diah Fitri Setiasih, SE, FSAI


Diah Fitri Setiasih, FSAI, menyelesaikan studi aktuaria di program Diploma Universitas Indonesia tahun 1992 dan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1998. Memiliki spesialisasi di bidang Asuransi, baik Asuransi jiwa maupun Asuransi umum, konvensional maupun syariah. Sejak tahun 1992 telah berkecimpung di industri asuransi jiwa, menangani bidang aktuaria dan operasional asuransi jiwa, baik konvensional maupun syariah di perusahaan lokal dan joint venture.

Sejak terjun ke dunia jasa aktuaria tahun 2004, Diah telah dipercaya sebagai Konsultan Aktuaria dibeberapa BUMN dan Kementerian untuk melakukan perhitungan dan analisis Aktuaria. Selain itu, juga memiliki pengalaman sebagai fasilitator pelatihan-pelatihan inhouse mengenai produk dan perhitungan cadangan teknis. Sebagai konsultan, aktif ikut serta sebagai Tim Penyusun Standar Pengendalian Mutu Kantor Konsultan Aktuaria, yang bertujuan untuk meningkatkan standar mutu layanan jasa aktuaria kepada publik.

Jasa aktuaria yang ditangani mencakup, perhitungan dan review cadangan teknis, penyusunan laporan aktuaris tahunan perusahaan asuransi umum, review laporan aktuaris tahunan perusahaan asuransi, perhitungan nilai perusahaan asuransi dalam rangka aksi korporasi, Embedded Value, dan proyeksi keuangan asuransi.

Awal Putro Kurnianto, FSAI


Awal Putro Kurnianto, MM, FSAI, berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang konsultan aktuaria. Lulusan Sarjana Matematika dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Magister Manajemen Aktuaria dari Universitas Indonesia (UI).

Spesialisasi di bidang Imbalan Kerja Karyawan seperti program pesangon, program pensiun, THT, Employee Stock Option (ESOP) dan sebagainya. Jasa yang diberikan mencakup perhitungan pendanaan untuk Dana Pensiun, analisis aset dan kewajiban Dana Pensiun, perubahan program serta likuidasi Dana Pensiun serta perhitungan beban imbalan kerja sesuai standar akutansi keuangan baik lokal maupun internasional. Selain itu dapat juga memberikan analisis dampak keuangan bagi klien dalam hal terjadinya restrukturisasi kepegawaian terkait imbalan kerja karyawan.

Disamping jasa konsultasi aktuaria, berpengalaman juga dalam memberikan pelatihan berupa inhouse training untuk perusahaan terkait imbalan kerja karyawan (pembebanan sesuai standar akutansi maupun pendanaannya), inhouse training untuk dana pensiun terkait aktuaria program pensiun, serta menjadi pembicara atau narasumber untuk pelatihan pada Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) dan BKF Kementerian Keuangan RI serta berpartisipasi dalam kegiatan FGD yang diadakan oleh Kementerian Keuangan, OJK dan institusi lainnya.

Saat ini masih aktif terlibat di kepengurusan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) sebagai Ketua Komisi Pendidikan Profesional Berkelanjutan serta di kepengurusan Asosiasi Konsultan Aktuaria Indonesia (AKAI) sebagai Wakil Ketua. 

KONSULTAN

Alfian Lendra Utamara


Memiliki pengalaman selama 5 tahun sebagai Konsultan Employee Benefit. Mempunyai latar belakang Pendidikan Matematika dan Aktuaria.Alfian bertugas membantu Aktuaris dalam pekerjaan Valuasi Dana Pensiun Pemberi Kerja untuk kebutuhan pelaporan ke regulator dan pekerjaan-pekerjaan simulasi serta kajian-kajian untuk kebutuhan pendanaan.

Mahbub Zunaidi


Lulusan Strata 1 Administrasi Bisnis Institut Ilmu Sosial dan Manajemen telah berpengalaman membantu Aktuaris dalam melakukan perhitungan imbalan pasca kerja khususnya program pesangon selama 3 tahun untuk beberapa klien BUMN, BUMD ataupun perusahaan swasta nasional.

Irkham Wibisono


Imam Prakoso


Lulusan Diploma III Administrasi Asuransi dan Aktuaria Universitas Indonesia dan telah lulus 2 (dua) dari 7 (tujuh) mata ujian untuk memperoleh sertifikasi Ajun Aktuaris yang diselenggarakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia.

Imam bertugas membantu Aktuaris dalam melakukan analisis data dan penyusunan modeling aktuaria asuransi

Wilasandy Wirawan


Memiliki pengalamanselama 2 tahun sebagai Associated Consultant Employee Benefit khusunya program pensiun. Mempunyai latar belakang Pendidikan Aktuaria. Sandy bertugas membantu Aktuaris dalam pengolahan dan analisis data.

Dito Ario Prakoso


Memiliki pengalaman selama 2 tahun sebagai Associated Consultant Employee Benefit. Mempunyai latar belakang Pendidikan Asuransi dan Aktuaria. Dito bertugas membantu Aktuaris dalam pengolahan dan analisis data.

Diana Rafika


Memiliki pengalaman selama 2 tahun sebagai Associated Consultant Employee Benefit. Mempunyai latar belakang Pendidikan Asuransi dan Aktuaria. Diana bertugas membantu Aktuaris dalam pengolahan dan analisis data.